Bagaimanakah Koperasi Yang Ideal ?

10:18 PM Unknown 1 Comments

Hello World!



            Selamat malam, pada potingan kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana koperasi yang ideal ? Seperti yang sudah kalian tahu koperasi merakan lembaga masyarakat yang tujuannya membantu. Artina koperasi bisa membantu para pengusaha-pengusaha kecil dalam mengembangkan usahanya. Tidak hanya itu koperasi juga dapat mensejahterakan kehidupan para anggotanya. Sebagai sebuah organisasi masyarakat yang otonom dan mandiri koperasi itu seharusnya muncul dari bawah (buttom-up)berkoperasi itu adalah merupakan kehendak yang bebas, sukarela dan terbuka dari orang-orang yang mempunyai kepentingan bersama untuk melakukan kerjasama untuk menolong dirinya sendiri (self help). Koperasi itu bukanlah rekayasa para pengiat politik ataupun prakarsa pemerintah yang bersifat dari atas (top down) tapi adalah organisasi swadaya masyarakat dan muncul sebagai keinginan bersama. Perjalanan waktu telah menunjukkan kepada kita bahwasanya koperasi-koperasi yang muncul dari sebuah kepentingan sempit akhirnya berguguran satu persatu dan hanya organisasi yang berjalan sesuai “ruh” dari demokrasi ekonomi yang sesunguhnya saja yang mampu bertahan. Lalu bagaimana seharusnya koperasi yang ideal itu ?

          Hal bertama menurut saya adalah koperasi harus bisa berani dalam mengambil keputusan. Artinya para pendiri, pengurus maupun anggotanya hrus berani memutuskan sesuatu yang tidak biasa hal ini bertujuan untuk makin banyak menarik agar masyarakat tertarik ntuk bergabung dengan koperasi. Selain itu pemikiran yang tidak biasa, biasanya merupakan ide-ide kreatif yang justru merupakan suatu inovasi.  Yang kedua adalah setiap anggota dari koperasi harus mempunyai jiwa manajerial, selain itu mereka harus melakukan aksi bukan hanya berupa wacana ataupun omongan semata.

          Lalu semua anggota harus mempunyai jiwa interpersonal yang baik. Pendidikan perkoperasian adalah salah satu prinsip koperasi. Sasaran pendidikan ini terutama adalah anggota, karena anggota lah secara bersama-sama yang menentukan jalannya koperasi. Pendidikan perkoperasian ini tidak dilakukan dengan sekali atau beberapa kali memberikan penyuluhan atau seminar umum. Pendidikan koperasi akan jauh lebih efektif jika dilakukan dengan pendekatan personal dan berangsur-angsur. Mendekati dan memberikan pemahaman tentang koperasi kepada orang per orang, kelompok per kelompok. Disinilah peran keahlian interpersonal. Bagaimana pengurus dapat memengaruhi para anggota koperasi untuk bersama-sama memajukan koperasi.

          Agar koperasi yang ideal, smeua naggotanya juga htus memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Berjiwa wirausaha identik dengan tahan banting, kreatif, mandiri, tidak mudah putus asa. Pilihlah pengurus yang jika memungkinkan punya pengalaman membangun bisnisnya sendiri. Pilihan terakhir adalah pengurus yang seumur hidup jadi orang gajian, agak sulit untuk menjadikan orang seperti ini untuk jadi pengurus. Minimal perlu diikutkan workshop dan pelatihan kewirausahaaan.

          Jadi kesimpulan untuk menjawab dari topik pembahasan kali ini yaitu bagaimanakah koperasi yang idea, bahwasanya untuk membuat suatu koperasi yang idealn dibutuhkan dua upaya yaitu Pemahaman sekaligus komitmen bagi setiap anggota dan pengurus terhadap hakikat dan realitas serta tujuan dari suatu koperasi yang ideal dan Komitmen setiap pengurus dan anggota terhadap hakikat koperasi, tujuan positif, peraturan yang ada dan pengembangan koperasinya, dari upaya tersebut akan membentuk sebuah karakter koperasi yang tangguh serta mampu menjawab segala tantangan di masa yang akan datang khususnya permasalahan perekonomian, semoga pengurus dan anggota seluruh koperasi di indonesia mampu mengupayakan dan miningkatkan kinerja koperasi untuk kepentingan bersama.


source :

http://angguntriandini.blogspot.co.id/2015/11/32-bagaimanakah-koperasi-yang-ideal-itu.html
 https://devinaameliach.wordpress.com/2015/12/17/bagaimana-koperasi-yang-ideal-itu/

You Might Also Like

1 comment:

  1. sangat lengkap ulasan koperasinya http://www.resep-masakan-adinda.com

    ReplyDelete