ASEAN Economic Community

3:29 AM Unknown 0 Comments

Hello World selamat malam,



          Kira-kira kalian sudah tau apa itu AEC? AEC atau ASEAN Economic Community. Yang ada di pikiran saya pertama kali mendengar mengenai ASEAN Economic Community saya berfikir bahwa AEC adalah Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN akan mengadakan kerjasama dalam bidang ekonomi. Setelah saya membaca berbagai artikel di internet mengenai apa itu AEC saya baru mengerti bahwa ASEAN Economic Community merupakan suatu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi tetapi cakupannya sempit yaitu negara-negara yang tergabung dalam ASEAN saja. AEC memberlakukan sisitem single market yang artinya terbuka untuk melakukan perdagangan baik barang,jasa,tenaga kerja,investasi dan lain-lain. ASEAN Economic Community rencanakan akan dimulai pada tahun 2015. Berarti tinggal sebentar lagi kita akan mengahdapi pasar bebas.

          Karena melibatan negara-negara yang tergabung dalam ASEAN,AEC memiliki berbagai keuntungan jika benar dilaksanakan pada tahun 2015. Setiap negara tentunya akan lebih banyak menjalin kerjasa dalam sektor apapu mengingat perdagangan ini dilakukan secara bebas anatar negara-negara bukan hanya satu melainkan bisa pula beberapa negara. Selain meningkatkan kerjasama anatara negara-negara anggota AEC, AEC juga dapat meningkatkan nilai kompetitif masing-masing negara kan setiap negara akan berlomba-lomba meningkatkan produksinya yang akan meningkatkan nilai kompetitif.



          AEC juga mengakibatkan tenaga kerja dari berbagai negara akan lebih mudah bermigrasi ke Indonesia. Jika mereka memiliki kemampuan diatas kemampuan masyarakat Indonesia, hal ini mengakibatkan mereka akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan menggeser tenaga kerja yang ada di Indoneia. Bagi masyarakat Indonesia sendiri AEC akan mempermudah para pekerja dari Indonesia untuk berkerja di peruahaan-perusahaan asing yang tergabung dalam AEC.


          Oleh karena itu dalam mengahdapi ASEAN Economic Community kita sebagai warga Indonesia harus membekali diri kita dengan berbagai keahlian agar tidak kalah saing dengan pekerja dari berbagai negara. Kreativitas kita pun harus semakin diasah dalam memproduksi suatu barang karena tentunya tingkat persaingan juga semakin tinggi. 






Sumber gambar : www.google.co.id

You Might Also Like

0 comments: