Freeport di Indonesia

4:01 AM Unknown 0 Comments

Materi                  :        Investasi dan Penanaman Modal
                                      Emilinda Putri - 1EB26 - 23214556



Hello World !







                                PT Freeport Indonesia adalah anak perusahaan dari Freeport McMoran Copper & Gold Inc. yang melakukan penambangan emas dan tembaga dengan tata cara tambang terbuka di Grasberg, bawah tanah yang mencakup daerah Timika dan Tembagapura, Papua. Kehadiran Freeport di Indonesia memang membuat terbukanya lapangan pekerjaan bagi sayarakat di daerah Papua. Pada tahun1995 Freeport baru mengakui bahwa telah menambang emas di papua padahal sebelumnya Freeport hanya mengaku menambang tembaga. Sudah berpuluh-puluh tahun Freeport ada di tanah Papua. Hal ini menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat dan juga bagi lingkungan Papua itu sendiri.

                        DPR sudah mencuriai bahwa telah terjadi manipulasi dana produlsi emas Freeport yang merugikan negara sebesar 2,16 gingga 2,5 milyar ton emas. Walaupun emas berada di tanah Papua tetapi lingkungan disekitar PT.Freeport sebagian masyarakat Papua berada dalam kemiskinan. Hal ini tentunya menimbulkan sebuah kesenjangan yang sangat jauh. Walaupuun Freeport sudah berpuluh-puluh tahun berada di papua hal itu tidak membuat msyarakat Papua menjadi sejahtera atau keluar dari garis kemiskinan. Fakta yang kita dapat lihat sendiri adalah mereka masih hidup dalam kemiskinan sedangkan emas yang terkandung di tanah Papua diambil oleh pihak asing yang tidak bertanggung jawab. Selain hal kemiskinan dampak penambangan emas juga berdampak terhadap lingkungan. Pada bulan Juli 2005, lubang tambang Grasberg telah mencapai diameter 2,4 kilometer pada daerah seluas 499 ha dengan kedalaman 800m. Hal ini memberikan dampak yang tidak baik terhadap ekologi Papua dan masyarakat Papua. Contohnya adalah dapatkah kalian bayangkan masyarakat Papua harus meminum air dari sumur yang telah tercemar limbah?


                        Berdasarkan data diatas tentunya saya merasa miris dengan keadaan yang ada. Indonesia dengan  segala kekayaan alamnya diambil begitu saja oleh pihak asing yang justru tidak memabwa dampak positif bagi masyarakat Papua tetapi malah menyengsarakn dan merusak alam Indonesia. Ada wacana bahwa kontrak Freeport akan diperpanjang di Indonesia. Saya sangat berharap bahwa hal itu tidak akan terjadi. Agar kekayaan Papua biarlah pemerintah dan juga masyarakatnya yang mengolah dan memanfaatkannya dengan bijak untuk kesejahteraan masyarakat Papua.



Sumber :




You Might Also Like

0 comments: