Industri di Indonesia

5:13 AM Unknown 0 Comments

Materi : Industri dan Industrialisasi
              Emilinda Putri - 1 EB 26       






          Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau  barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.Industri adalah bidang matapencaharian yang menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja (bahasa Inggris:industrious) dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil-hasil bumi dan distribusinya sebagai dasarnya. Maka industri umumnya dikenal sebagai mata rantai selanjutnya dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan (ekonomi) yang berhubungan dengan bumi, yaitu sesudah pertanian,  perkebunan dan pertambangan yang berhubungan erat dengan tanah. Kedudukan industri semakin jauh dari tanah, yang merupakan basis ekonomi, budaya, dan  politik.

          Menurut survei yang dilakukan oleh JobStreet.com menerangkan bahwa 45,6% responden mengatakan prospek perkembangan dunia kerja di Indonesia pada kuartal (Q2 2014) ini akan semakin baik. Pertumbuhan Industri di Indonesia sudah mulai meningkat. Ada beberapa hal yang harus dilakukan pemerintah agar industri ini terua bertumbuh. Yang pertama adalah pembangunan kawasan indutri harus di fokuskan pada potensi nya masing masing, yang kedua adalah dengan meningkatkan kemampuan dari masyarakat-masyarakat yang ada di sekitar kawasan indutri yang akan di bangun agar penyerapan tenaga kerja dapat lebih optimal. Lalu, mengajak investor-investor untuk berinvestasi dalam industri tersebut juga harus dilakukan agar pemnabgunan semakin cepat dan maju.yang terakhir adalah kita harus meningkatkan penguasaan pasar agar produk dalam negeri tidak mati ditengah maraknya perdaganagn internasional dari negara-negara lain. Hal ini juga harus kita wujudkan dengan peningkatan dari segi kualitas barang-barang produksi dalam negeri agar produk tersebut tidak hanya dapat dinikmati oleh warga Indonesia tetapi juga dunia.




          Menurut saya perkembangan Industri di Indonesia sekarang ini sudah semakin maju hal ini dapat kita lohat dari menigkatnya pembangunan kawasan industri di berbagai daerah. Tetapi terkadangan pembangunan tersebut tidak diimbangi dengan penigkatan kemampun warga disekitar kawasan industri tersebut. Sehingga warga-warga disekitar kawasan industri tersebut hanya mejadi buruh. Pemerintah dan juga masing-masing dari kita arus berfokus pada penigkatan sumberdaya manusia agar Indonesia menjadi lebih maju.



Sumber :

https://rowlandpasaribu.files.wordpress.com/2013/02/12-industri-dan-industrialisasi.pdf

You Might Also Like

0 comments: